05/11/2009

KENDALA

Dulu waktu masih belum punya HP,waktu HP adalah barang yang cukup mahal,sedikitpun tidak pernah terpikir apa itu internet,apa itu GPRS,apa itu MMS... Pada waktu itu sebagian dari beberapa teman-teman sudah memiliki hp, saya sendiri cuma bisa lihat dan iri sama mereka. Setiap kali sedang kumpul-kumpul bersama mereka,setiap obrolannya hampir tidak pernah lepas dari masalah HP. Dimana mereka saling unjuk kemampuan dan saling membanggakan diri masing-masing. Saya hanya bisa mendengar dan menyimak obrolan mereka, dan sesekali bicara dalam hati dengan nada tidak suka "blagu banget si pada..!" (ngiri gitu deh)

Seiring waktu terus berjalan,HP seolah mulai menjadi barang yang wajib dimiliki setiap orang. Dan sayapun tidak mau ketinggalan jauh dengan orang-orang disekitarku yang sebagian banyak telah ber-HP. Dengan setengah memaksakan diri,dimana pada saat itu penghasilan saya hanya cukup untuk makan(kadang2 smpe kurang tauuu..), akhirnya saya bisa punya HP sony ericcson T100, Beli second dengan harga RP.250rb. Saya senang, tidak ada lagi rasa minder dengan teman-te man seperti waktu belum mempunyai HP, tidak lagi hanya diam dan menyimak saat ada obrolan seputar HP. Dan pada waktu sendirianpun,saya hampir tidak pernah lepas dari HP SE T100 yang saya miliki tersebut. Selalu ada yang membuat saya penasaran dan tertarik dalam menu dan fiturnya. Edit gambar,edit nada,main game,dan kadang-kadang hanya sekedar ingin memahami semua men u yang ada.

Baru beberapa minggu mengejar ketertinggalan,satu per satu dari mereka mulai memperbarui HP-nya dengan HP type baru yang tentunya juga di dukung dengan fasilitas menu yang lebih lengkap. Ada kamera,polyponik,mp3,dan juga bisa berkirim gambar MMS ataupun berinternet GPRS. Lagi-lagi saya gelisah, ingin rasanya bisa secepatnya ganti HP dengan yang lebih baru dan lengkap. Memang,dari beberapa kelebihan yang ada pada HP-HP type baru pada waktu itu,tidak semuanya dapat menarik perhatian saya. Pada waktu itu saya hanya tertarik dan penasaran dengan apa itu internet,GPRS dan MMS. Buat saya internet pada waktu itu adalah,sesuatu yang sangat jauh dari jangkauan nalar dan pikiran saya. Saya benar-benar tidak mengerti,internet itu apa,bentuknya seperti apa,fungsinya untuk apa dan bagaimana cara menggunakanya. Satu hal yang terlintas dalam pikiran saat ada internet adalah komputer(PC). Sedangkan pada waktu itu pula, menurut saya komputer adalah hanya sebuah mesin yang hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menggunakanya,dimana saya hanya dapat melihat bentuknya saja tanpa pernah menyentuhnya dan juga tidak tahu apa fungsi dari mesin tersebut.

Kembali ke soal HP dan internet, begitu besarnya rasa penasaran tentang internet di HP,kembali saya berusaha keras untuk dapat menggati HP dengan yang lebih baru,bagus dan yang bisa internet tentunya. Singkat cerita,Rp 500rb uang telah saya miliki,hasil dari menabung+hasil jual SE T100. Saya mulai mencari informasi tentang HP bisa internet yang harganya sesuai dengan kantong saya. Tanya kesana kemari,baca majalah dan dari sumber-sumber yang lain. Ternyata,dari semua info yang saya dapat dari berbagai sumber, saya lebih banyak menemukan kata "GPRS" daripada "internet". Dan saya bingung tidak bisa membedakan keduanya. Akhirnya,ditengah kebimbangan dan ketidaktahuan, saya beli HP second lagi SE T290i seharga RP 500rb. Sudah bisa poliphonic,layar warna dan GPRS juga ada. Meskipun tanpa kamera,mp3,bluetooth dan infrared, tapi setidaknya cukup buat saya untuk memulai memahami tentang GPRS/MMS.

Saya memulai dengan membuka dan memahami menu-menu pada HP yang terkait dengan GPRS/MMS,membaca buku petunjuk kartu SIM,dan juga tanya teman-teman yang sudah lebih mengerti. Sayang sekali,saya tidak mendapatkan buku petunjuk HP pada paket pembelianya. Dari semua informasi yang dapat,saya mulai coba menyetting HP untuk GPRS/MMS. Saya senang, GPRS/MMS telah aktif dan berfungsi. Tapi masih ada yang membuat penasaran tentang GPRS. Pada waktu itu saya hanya tau dan bisa membuka wap.indosat-m3.net (IM3,SIM yang saya gunakan). Setiap kali saya coba untuk membuka halaman situs yang saya dapatkan dari koran,majalah ataupun dari mana saja,selalu tidak bisa membukanya dan selalu muncul tulisa dengan bahasa inggris yang saya tidak tau sepenuhnya artinya,kecuali hanya kata "too large". lama-kelamaan saya merasa bosan juga karena hanya bisa keneksi ke wap.indosat saja.

Tapi saya masih penasaran,kenapa tidak bisa? lalu,apa maksud dari kata terlalu besar "too large" ? Pada saat saya masih belum dapatkan jawabanya,ada seorang teman yang memberitahukan sesuatu sama saya, alamat sebuah situs yang dapat di akses lewat hp. Lalu saya mencobanya dengan menggunakan HP saya,dan hasilnya ternyata memang benar bisa dan wouw...(adult only: www.phone****ica.com) ! Dan bukan hanya itu,pada situs tersebut juga tersedia banyak konten yang bisa di download ke HP. Satu pengalaman baru saya dapatkan, hampir setiap hari saya berkunjung ke situs xxx yang telah tersimpan di bookmark. Selain hanya sekedar cari pengalaman "browsing", terusterang menikmati juga apa yang di situs tersebut (bisa cuci mata,hehe..) Dari semenjak kenal dengan situs xxx tersebut,saya jadi semakin yakin bahwa pasti masih banyak situs-situs lainya yang dapat diakses dengan HP. Dan demi untuk mendapatkan informasinya, hampir setiap hari saya selalu meluangkan waktu untuk pergi ke toko buku untuk sekedar baca-baca buku/majalah seputar HP. Dari situlah saya mulai lebih banyak mengenal situs-situs yang dapat diakses denga HP. Awalnya,dari baca-membaca itu saya tertarik dengan GOOGLE sebagai search engine. Dan setelah aku mencobanya, dari GOOGLElah saya banyak mendapatkan berbagai informasi tentaang internet. kidoy.wen.ru, youdi.wen.ru, guduwap adalah beberapa situs penyedia konten favorit pada waktu itu. Dalam hal file, HP sayapun berani untuk bersaing dengan HP-HP teman yang lebih bagus sekalipun. Saya bangga,HP saya yang harganya standar tapi tidak kalah smart dengan HP mereka.

Tanpa terasa,mungkin karena terlalu sering buat browsing HP saya jadi sering suka HANG dan pada akhirnya mati total. Saya coba bawa ke konter untuk di service,tapi dari satu konter ke kontar lainya tidak satupun ada yang sanggup memperbaikinya. Terpaksa,HP saya bawa pulang lagi dan karena rasa kecewa dan stress HP itu saya banting sampai hancur berkeping-keping. Saya sedih,tidak mungkin bisa mempunyai HP lagi dalam waktu yang singkat. Waktu masih pegang HP,sedikitpun tak pernah ada tersisa uang hasil kerja. Selalu habis karena borosnya untuk pemakaian pulsa. Setelah HP mati,alhasil,tabunganpun tidak ada.

Satu,dua,tiga hingga empat bulan hampir tidak pernah lagi terlintas dalam pikiran tentang internet. Di bulan ke 5,saya beli memiliki HP lagi nokia 8310. beli second dari teman yang sedang BU dengan harga RP 350rb. Meskipun telah didukung dengan GPRS dan tersedia menu browser,tapi tidak pernah terpikir juga untuk mencobanya. Itu hanya HP biasa dengan layar B/W,ringtone mono,jadi saya pikir hanya bisa sebatas untuk telepon/sms saja. Kalaupun mau browsing,lantas mau ngapain,apa yang bisa didownload dengan HP tersebut? Tapi meskipun demikian, tetap saja saya tidak bisa untuk tidak mengutak-utiknya,semua menu saya coba pahami fungsi dan tujuanya untuk apa. Antara lain saya mencoba-coba mengaktifkan DIVERT,RESTRICT,dan FIXED. Dari HP nokia tersebut,saya menemukan cara bagaimana supaya bisa menolak SMS tapi tetap masih bisa nenerima CALL. Selebihnya tidak banyak ilmu yang aku dapatkan.

Pucuk dicinta ulam tiba....
Disaat-saat menginginkan lagi untuk berinternet HP,datang seorang sepupu untuk ikut tinggal bersama saya. Dia memiliki HP yang cukup bagus untuk berinternet menurut saya. Sejak itu,hampir setiap malam saya selalu bertukar HP dengan sepupu saya untuk sekedar memenuhi keinginan berinternet. Dari HP itulah saya mulai mengenal jejaring sosial, prodigits.co.uk adalah pertama kalinya saya bisa berkenalan dengan orang lewat dunia maya, dari prodigits pula saya mengenal istilah "upload" dimana sebelumnya saya hanya tau "download". Prodigits,benar-benar suatu yang baru yang dapat membuat saya jadi ketagihan. Banyak yang saya dapatkan dari prodigits melalui BUDDY,CHAT dan FORUMnya. Tak berara lama kemudian,saya berpisah dengan sepupu saya dan akhirnya sayapun kembali ke HP milik sendiri.

Iseng-iseng,saya coba aktifkan GPRS dan coba memulai untuk menjelajah. Ternyata cukup bisa menghibur, saya bisa chat di prodigits,bisa cari segala info melalui google.com/wml, dan juga saya membuat sebuah akun email dimana ini adalah sangat jauh diluar dugaan saya dan ini adalah email pertama yang pernah saya miliki. masno@acasa.ro SIGN UP di wap.acasa.ro. Hampir selama satu tahun saya hanya dengan HP nokia 8310,ternyata banyak juga hal yang dapat saya ketahui dari yang sebelumnya tidak tahu apa-apa.

Rasa jenuh bosan dan ingin memiliki yang lebih mulai ada dalam benak saya. Timbang-menimbang dalam bimbang,demi menutupi kejenuhan dan rasa ingin memiliki HP yang lebih bagus, saya coba memberanikan diri untuk pinjam uang kepada perusahaan. Dan dari uang pinjaman tersebut saya jadi memiliki HP SE K608i.

SE K608i,sangat lebih dari cukup untuk saya dapat menikmatinya. Dengan berbagai fitur yang belum pernah ada di HP-HP saya sebelumnya,saya jadi lebih banyak kesempatan untuk belajar berbagai hal. Untuk pertama,saya coba mendownload berbagai konten gratisan seperti wallpaper,screensaver,theme,
mp3 dan game. Situs penyedia konten gratisan yang saya tau pada waktu itu adalah waptrick.com. Berawal dari keinginan untuk sebuah game yang kebetulan tidak tersedia di waptrick.com, dan saya coba search di google.com/wml saya diantar ke wap.getjar.com. Dari getjar,saya mulai memahami tentang banyak aplikasi. Dari getjar pulalah saya mengenal aplikasi browser operamini,yang mana telah membuat saya lupa akan niat mencari aplikasi game. Semenjak telah terinstal operamini 4.0,saya merasa benar-benar bisa puas dalam berinternet. Dengan tampilan page yang maksimal,membuat saya tak pernah bosan untuk sekedar membaca dan membaca. Dari operamini,banyak hal yang telah saya lakukan dalam hal dunia maya. Mulai dari membuat email pribadi GMAIL dan YAHOO, mengoleksi photo pribadi di SNAPMYLIFE,FLICKR dan PHOTOBUCKET, dan juga membuat akun di situs jejaring sosial seperti FRIENDSTER,TWITTER,FACEBOOK. Dan juga tidak pernah malas untuk SIGN UP/JOIN di situs-situs tertntu untuk sekedar bisa masuk dan mengikuti berbagai TOPIK dalam sebuah FORUM.

Telah hampir 2 tahun sudah SE K608i adalah benda berharga yang saya miliki. Dan karena telah pernah melalui proses FLASH ato apalah gituu.., HP saya telah berubah type menjadi K600i. Meskipun telah berubah type, namun FUNGSI dan MENU masih tetap seperti semula.

Saat ini,Saat tulisan ini sedang dibuat, saya menggunakan operamini modif 3.1. Dan pada saat ini jugalah ,saya sedang belajar membuat BLOG. Saya telah memiliki akun WORDPRESS dan juga BLOGSPOT,dimana keduanya saya SIGN UP dengan menggunakan aplikasi browser operamini 4.0 modif untuk browser gratis.
Ternyata memang tidak gampang membuat blog. Meskipun sudah bisa membuatnya tapi masih belum bisa membuat blog itu jadi lebih menarik. Banyak hal tidak mengerti yang saya temukan dalam membuat blog. WIDGET,GADGET,HTML code,CSS code adalah sebagian yang sama sekali saya belum mengerti.

Tapi saya tidak menyerah,satu persatu saya akan pelajari. Harapan saya,kelak saya dapat memiliki sebuah blog yang kompeten berkualitas. Kepada siapapun yang sempat membaca posting ini,saya mohon maaf bila ada beberapa kata dalam bahasa saya yang salah dan tidak dapat dipahami. Dan bagi anda yang telah berpengalaman dalam dunia blog,saya akan senang sekali jika anda hendak berbagi ilmu dengan saya.

TERIMAKASIH.

Silahkan baca juga yang ini:

1 comments:

songkokawingjakata said...

komentar sndiri aja,hehe..

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih telah berkunjung, untuk kritik, saran, ataupun pertanyaan, silahkan berikan komentar anda disini:

 
Halaman Muka | Tentang | Kontak | Sitemap | 2008- © kakangsung All Rights Reserved