Sponsor Ads   X  
Sponsor Ads   X  

07/02/2010

OPTIMALKAN PENGGUNAAN OPERA MINI

Opera mini adalah salah satu aplikasi browser ponsel yang paling populer dan terbanyak penggunanya saat ini. Di indonesia,bahkan di seluruh dunia, aplikasi besutan perusahaan asal swedia ini mampu mengungguli aplikasi-aplikasi browser ponsel yang lain seperti UCWEB,BOLT,MORANGE, dll.
Di indonesia sendiri, dari salah satu sumber informasi terkemuka menyebutkan, bahwa negara ini merupakan salah satu yang termasuk dalam urutan 10 besar pengguna terbanyak Opera Mini di dunia. Bahkan dalam urutan 10 besar tersebut,tak tanggung-tanggung Indonesia menempati peringkat ke 2 setelah Rusia.
Baca beritanya di okezone


Namun meskipun demikian,ternyata tak sedikit para pengguna Opera Mini yang belum memahami benar tentang berbagai fasilitas yang ada pada aplikasi tersebut. Banyak dari mereka yang memanfaatkan Opera Mini hanya sekedar untuk berselancar di situs-situs jejaring sosial seperti facebook,twitter,friendster,dll, tanpa ada ingin lebih memahami tentang beberapa fungsi menu ataupun tool-tool yang tersedia,sehingga beberapa fitur yang sebenarnya cukup penting jadi terabaikan.

Oleh karena hal tersebut diatas,disini saya akan share beberapa kiat mengoptimalkan penggunaan Opera Mini versi 4 keatas,agar aktifitas browsing di ponsel jadi lebih efektif.
Beberapa tool dan fitur penting yang perlu kita ketahui antara lain:

  1. Bookmark/Penanda.
    Salah satu fasilitas yang pada umumnya juga tersedia pada setiap Web Browser selain Opera Mini. Berfungsi untuk menandai beberapa halaman penting tertentu berupa alamat-alamat web yang sering dikunjungi,agar dapat memudahkan kita dalam pencarian.
    Untuk dapat menambahkan suatu halaman sebagai bookmark, yaitu dengan cara tekan menu => tool/Pengaturan => add boorkmark/Tambah Penanda. Atau bisa juga dengan menekan tombol #7
  2. Speed Dial/Panggil Cepat.
    Fungsi ini merupakan bagian dari bookmark,dimana fasilitas ini ada di posisi paling atas pada list bookmark dan juga ditampilkan pada halaman awal Opera Mini.
    Dengan adanya Speed dial,maka kita tidak memerlukan banyak penekanan pada tombol di ponsel. Cukup hanya dengan tekan tombol * diikuti dengan salah satu tombol angka(0-9) dimana posisi halaman yang akan kita akses berada,maka browser akan mengantar kita ke halaman yang kita maksud.
    Untuk dapat mengatur fungsi ini,Bookmark => Speed Dial => Manage/kelola => edit atau hapus => Save. Untuk menempatkan halaman Bookmark pada salah satu posisi Speed dial, gunakan pilian Copy from Bookmark/Salin dari penanda pada proses edit.
  3. Note/Nota(catatan).
    Kita dapat membuat dan meyimpan catatan penting secara online dengan Opera Mini. Namun fasilitas ini baru terdapat pada Opera Mini versi 4.2 dan belum terdapat pada Opera Mini 4.1 kebawah.
    Untuk dapat menggunakan fungsi ini, ke bookmark => note. Selanjutnya,untuk memulai membuat catatan kita harus login dulu, atau SIGN UP jika kita belum memiliki akun di opera.
  4. Synchronize/Sinkronisasi.
    Dengan men-sinkronkan Opera Mini,maka kita tidak perlu khawatir akan kehilangan semua data yang telah tersimpan.
    Untuk memanfaatkan layanan ini,seperti halnya membuat note,terlebih dahulu kita harus memiliki akun opera.
    Dan pilihan menu untuk synchronize Opera,terdapat dibagian paling bawah Start Page/Halaman Awal.
  5. Saved Page/Simpan Halaman.
    Fungsi ini adalah,dimana sebuah halaman web akan diexport ke salah satu folder ponsel yang telah ditentukan, dan dalam bentuk file berextension *obml. Sehingga pada lain kesempatan,halaman tersebut dapat dibuka kembali tanpa harus melalui proses browsing.
    Untuk dapat menggunakan fungsi ini, Bookmark => Saved Pages => OK. Lalu tentukan folder untuk menyimpan, manage/atur => set folder => pilih folder dan tekan select/pilih. Setelah folder sudah ditentukan, dalam jendela browsing pada halaman yang akan disimpan, tekan menu => tool => saved page => OK dan selesai
  6. Shortcut/Jalan Pintas.
    Dengan Shortcut, kita dapat mengurangi kemungkinan terjadinya banyaknya penekanan pada tombol ponsel. Dengan demikian, selain cepat dan praktis,tentunya juga akan mengurangi potensi terjadinya kerusakan lebih cepat pada tombol/joystick pada ponsel.

Berikut ini adalah macam-macam tombol pintas Opera Mini.
Lihat tabel berikut:
Tombol English Bahasa
#1 Enter Adrres Masukan Alamat
#2 Bookmark Penanda
#3 Top/Bottom/Start text Atas/Bawah/Teks Awal
#4 Start Page Halaman Awal
#5 History Riwayat
#6 Page Information Info Halaman
#7 Add Bookmark Tambah Penanda
#8 Setting Pengaturan
#9 Search Cari
#0 Reload Tampilan Ulang
#* Find In Page Cari Di Halaman
*1-9 Speed Dial Tombol Cepat
*0 Feed Umpan
*# Change Screen Orientaty Ubah Orientasi Layar
** Change Window Size Ubah Ukuran Jendela

Selain tombol pintas diatas,adapun tombol pintas dengan menekan angka 1. Dimana hal ini akan membawa kita ke beberapa pilihan,
  • Mobile View
  • Load Image/Muat gambar
  • Reload/Tampil Ulang
  • Information
  • Link=>
  • Open Image

Selain itu,tombol angka 1 juga dapat berfungsi sebagai tombol pintas untuk menuju ke edit atau deletepada list bookmark.

Demikianlah tulisan ini saya buat dengan bahasa yang sedemikian rupa dengan harapan semoga dapat mudah di pahami dan semoga dapat membantu bagi yang membutuhkan. Dan bagi yang merasa pakar terkait dengan apa yang saya tulis,kritik dan sarannya diharapkan.

Silahkan baca juga yang ini:

7 comments:

shalimow said...

makaci infonya bos
manfaat banget
tx ya

blogdotblog said...

nice info: opera mini
thanks

kakang sung said...

sama2, thx jg bwt yg udah nympetin mampir...

Nenkless said...

Akang keren .bnyak ilmu nya neh

kakang sung said...

masi sedikit neng,masi bnyak yg blm ngrti.

tapi makasi deh...

Tajuddin said...

Mantapzzz...brow.
Tulisan tersun rapi dan berfareasi.
Tampilan blognya menarik dan sederhana.
Basanya sopan dan mudah dimengerti.
Di search google berada di urutan perta.

Mbah Google nda salah kalo nih blog di simpan di halaman Awal (PR 1)
Jadi pengen belajar nih...
davitkolut@gmail.com

kakang sung said...

makasi bos knjungan n pujianya, masi perlu bnyk bljar neh....

Tinggalkan Komentar Anda

Terimakasih telah berkunjung, untuk kritik, saran, ataupun pertanyaan, silahkan berikan komentar anda disini:

 
Halaman Muka | Tentang | Kontak | Sitemap | 2008- © kakangsung All Rights Reserved